Chambaraya DTC


 

CSS Templates 1 CSS Templates 2 CSS Templates 3 CSS Templates 4 Flash Templates 1 Flash Templates 2 Flash Templates 3 Flash Templates 4

Bagaimana Melatih Anjing ?

 

Me

Melatih anjing adalah sebuah ilmu pengetahuan sehingga melatih anjing   memiliki metode yang dapat di rumuskan secara ilmiah dan dapat di terima dengan Logika manusia (Masuk akal). Mengapa dapat di rumuskan secara ilmiah ? Melatih anjing dapat di rumuskan secara ilmiah karena terjadinya ilmu melatih anjing karena ;  

1. Adanya permasalahan
2. Adanya pengamatan
3. Dilakukan penelitian /dilakukan percobaan
4. Diambil kesimpulan
5. Pengujian kesimpulan
6. Di rumuskan Sehingga menjadi Sebuah Metode Yang Menjabarkan tehnik cara


Penyelesaian Permasalahan
 

Setelah di rumuskan oleh beberapa pelatih anjing,maka rumusan inilah yang di sebut Metode Ilmiah / Metode Pelatihan anjing.Metode atau rumusan yang di dalamnya terdapat penjabaran tehnik cara melatih anjing  ini ada yang memang telah dilakukan pengujiannya terhadap berbagai jenis /ras anjing, tetapi memang ada juga yang baru dilakukan pengujiannya terhadap satu jenis/ras saja.

 

Dalam metode pelatihan anjing ini, terdapat tehnik-tehnik  dan tahap-tahap cara melatih anjing sesuai dengan permasalahan yang ada.Metode latihan yang ada pada masa sekarang ini merupakan metode latihan yang memiliki tehnik dan tahapan yang menghindari kekerasan dan tekanan pada anjing, yaitu dengan cara menjalin hubungan kedekatan dan bergembira sambil bermain dengan anjing. Dengan metode latihan ini maka seekor anjing yang sedang dilatih tidak merasa sedang berlatih, tetapi hanya merasa sedang bermain dengan pelatih atau dengan pemiliknya karena hubungan kedekatan yang terjalin.

 

Pada waktu sekarang ini, hubungan antara anjing pelatihnya merupakan hubungan persahabatan yang saling menguntungkan / timbal  balik, bukan seperti hubungan antara Tuan besar dengan Budaknya.Karena persahabatan ini membuat masing-masing mempunyai hak dan kewajiban dan saling menjaga, dimana pelatih merasa tidak akan dapat berbuat apa-apa tanpa adanya anjing yang dilatihnya dan anjingpun tidak akan memberikan manfaat yang maksimal tanpa adanya pelatih.

 

Untuk dapat mengandalkan anjingnya agar dapat membantu menyelesaikan tugas atau pekerjaan manusia (Pelatih) maka pelatih berusaha untuk mencari tahu bagaimana melatih anjing atau bagaimana menyampaikan harapan / keinginannya pada anjing yang dilatihnya dengan cara yang paling praktis dan efisien, dengan hasil yang baik (maksimal) tanpa adanya kesalahan (Kesalahan yang minimum).


Sekian waktu berjalan semenjak pelopor pertama merumuskan tehnik melatih anjing dengan membuat buku manual (1940) agar anjing bermanfaat dan dapat dipergunakan untuk kepentingan manusia,maka tehnik melatih anjing semakin berkembang dengan pesat. Para pionir pelatihan anjing bukan hanya sekedar melatih anjing dengan memaksakan kehendaknya saja pada anjing tanpa peduli dengan kepentingan / kehidupan anjingnya, tetapi mulai memperhatikan kepentingan / kehidupan setiap anjing untuk meningkatkan kualitas kemampuan anjing yang dilatihnya.


Para pelatih berusaha untuk mengetahui segala hal yang dapat membuat seekor anjing menjadi sangat antusias dalam melaksanakan / mengikuti perintah atau arahan yang di berikan oleh pelatih.Para pakar mulai mempelajari tentang kehidupan alami  dan kebutuhan dasar yang ada atau diperlukan oleh seekor anjing.Salah satunya adalah mempelajari segala hal yang berhubungan dengan naluri kehidupan anjing.Setelah para pelatih banyak mengetahui tentang naluri-naluri yang ada pada anjing,maka para pelatih mulai menerapkan metode pelatihan anjing dengan memanfaatkan naluri-naluri yang ada pada anjing.

 

Di sadari atau tanpa disadari oleh para pionir pelatih anjing, mereka telah mempelajari Psychology tentang anjing secara alamiah hingga terbitlah Tulisan mengenai Dog Psychology (1964) yang boleh dikatakan menjadi buku manual dasar melatih anjing bagi para pemilik atau pelatih anjing sehingga mempermudah mereka dalam proses melatih anjing.Melatih anjing yang semula dilakukan dengan cara kekerasan / pemaksaan dengan tujuan menaklukkan anjing agar menjadi patuh dan bermanfaat, secara perlahan mulai berubah dengan Membentuk Karakter anjing agar menjadi patuh dan bermanfaat.   

 

BERSAMBUNG . . . 

 

 Free counters!