• 1.png
  • 2-1.png
  • 3-1.png

Setiap Chambaraya selalu berusaha melatih anjing dengan cara “Membentuk Karakter anjing”, Bukan dengan cara “Menaklukkan anjing”.

Pada awal penanganan setiap anjing, Chambaraya selalu membagi Cara Penanganan Masalah dengan anjing menjadi dua, yaitu :

“Memberikan Program Terapi pada anjing
atau
Memberikan Program Latihan pada anjing” 

Untuk ini maka Chambaraya selalu memulai penanganan setiap anjing dengan berusaha menyelesaikan “Permasalahan Utama” yang ada pada setiap anjing dengan Pemiliknya atau dengan Lingkungannya terlebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh.

PeringatanKoreksi dan atau Memberikan Hadiah (Reward) merupakan rangkaian system pelaksanaan proses terapi atau pelatihan yang di lakukan dan diterapkan  Chambaraya untuk menumbuhkan rasa respek dari anjing, selain menerapkan kegiatan Bermain bersama untuk menjalin hubungan kedekatan dengan anjing (Respect – Bonding).

Untuk mempermudah menerapkan setiap program, maka semua calon pelatih anjing yang bergabung di Chambaraya juga Wajib memahami Psikologi dasar pada anjing selain tahu dan mengerti tentang cara Berkomunikasi dan Teknik serta cara melatih anjing, sehingga nantinya setiap calon pelatih anjing yang bergabung di Chambaraya akan Mengerti tentang segala hal yang berhubungan dengan naluri dasar (Macam-macam Drive) pada anjing. Hal ini wajib dipahami karena untuk dapat mempermudah proses Terapi dan atau Melatih anjing tanpa harus melakukan kekerasan pada anjing.

“Tindakan Kekerasan Pada Seekor Anjing Tidak Akan Menyelesaikan Permasalahan Yang Sebenarnya Terjadi Pada Anjing Dengan Manusia, Tetapi Hanya Akan Membangun Permasalahan Lain Dalam Hubungan Antara Anjing Dengan Manusia Yang Bersangkutan”.

Seorang pelatih anjing haruslah dapat Mengarahkan, Membangun dan atau Mengubah naluri dasar (Drive) pada anjing dari satu tipe naluri dasar ke tipe naluri dasar yang lain (Switch Drive) sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini Sangat Penting Di ketahui untuk mereka yang hendak menekuni pelatihan atau terapi pada anjing, karena semua anjing pasti memiliki naluri dasar (Drive) untuk tetap dapat bertahan hidup.

Pemahaman mengenai Psikologi anjing merupakan hal harian yang dipelajari dan di terapkan oleh mereka yang bergabung di Chambaraya. Begitu pula halnya mengenai Tehnik Sentuhan terhadap anjing pada waktu melakukan Terapi atau Melatihnya, yang berguna untuk membantu proses Berkomunikasi dengan anjing sehingga mempercepat proses Terapi atau Pelatihan pada anjing dengan hasil yang maksimal.

Untuk dapat berkomunikasi dengan anjing, Chambaraya percaya bahwa dengan menelusuri, mempelajari dan berusaha menjalankan kehidupan alami sesuai hukum alam yang berlaku akan lebih menghasilkan hubungan yang luar biasa antara manusia dengan anjingnya, karena nantinya anjing akan Menghormati manusia bukan Takut pada manusia.  

“TIDAK ADA ANJING BODOH JIKA PELATIH TAHU DAN MENGERTI BAGAIMANA MENYAMPAIKAN KEINGINANNYA/KEMAUANNYA  PADA  ANJINGNYA”